Sabtu, 01 Oktober 2011

Rasional




Berfikir secara rasional dianjurkan oleh semua agama. Manusia diberi kelebihan berupa akal yang segala perilaku hadir dari perintah otak, sangat terkait dengan kondisi hati. Ini merupakan karunia khusus dari sang maha pencipta, Allah subhanahu wata'ala. Hewan-hawan pun oleh Allah diberikan otak, namun daya fikir hewan sangat jauh dari daya fikirnya dari apa yang dimiliki manusia. Cara berfikir hewan lebih kita kenal dengan kata insting. Penulis mencoba sedikit mengupasnya dari segi kajian Islam sebagai rahmatan lil alamiin. Ketika nabiullah Adam alahissalam selaku manusia pertama di bumi, walaupun telah dirahmati Allah dengan ampunan dan merupakan Nabi pertama dan bapaknya para manusia, beliau dengan akal telah membuat rumah dari kayu dan berpakaian dari tumbuh-tumbuhan serta beternak. Sebab pada saat itu belum ada lowongan pekerjaan sebagai bodyguard, karena manusia cuman ada beliau, Hawa, Habil, Qobil, Labudza dan Iqlima. Untuk selajutnya manusia terus beranak pinak.

Nabi Ibrahim alahissalam menghancurkan semua patung dan menyisakan patung yang besar, yang pada hakekatnya beliau ingin mengajarkan agar para penyembah berhala menggunakan otaknya untuk berfikir secara rasional. Demikian pula Rasulullaah Muhammad shalallahu alaihi wasallam, tidak mengiyakan tawaran Malaikat untuk menimpakan gunung-gunung pada masyarakat di Thaif yang telah meledek menghina dan melempari Rasul dengan batu hingga wajah beliau terluka demi jalan dakwah yang terus ditempuh beliau hingga ajal menjemput.

Banyaknya manusia tersesat sehingga jauh dari ilmu pengetahuan disebabkan karena terlalu condongnya cara berfikir pada hal-hal yang ingin segera dicapai. Aristoteles pernah mengatakan dalam bukunya Nous atau akal merupakan bagian yang paling mulia dalam diri manusia, dan dalam buku-buku Imam Al-Ghazali menyimpulkan bahwa kebersihan hati adalah keutamaan pada tehnik berfikir untuk tidak terjebak pada dorongan hawa nafsu yang merugikan dan mencelakakan.

Well... semoga kita semua bisa berhati-hati dalam menjalani hidup ini dan berhati-hati juga di jalan raya. (mdb,September 2010)

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Betapa indahnya Alam dan segala isinya yang penuh daya guna... foto adalah perwakilan dari sejarah, dari masa ke masa...

Followers