Minggu, 05 September 2010

Tumbilotohe



Foto, by: http://yogaparta.wordpress.com/2008/11/19/tumbilotohe-instalasi-lampu-dari-gorontalo/



Ada rasa kangen pada kampung halaman, alhamdulillaah... puasa terus berjalan tanpa hambatan walau pernah sakit pada ramadhan ini. Teringat tradisi semarak malam pasang/menyalakan lampu yang hanya ada di Gorontalo. Malam pasang lampu atau yang lebih dikenal dengan Tumbilotohe, tumbi artinya pasang atau menyalakan dan lo sebuah kata sambung untuk melakukan sesuatu, tohe artinya lampu. Sejarahnya dari orang-orang tua, dari kakek yang telah wafat, tumbilotohe yang adanya 3 hari menjelang kebahagiaan kemenangan Idul Fitri, asal muasalnya adalah sebuah tradisi untuk menerangi jalan-jalan yang menuju ke Masjid, agar masyarakat yang hendak membayar zakat fitrah maupun zakat maal bisa semakin mudah menuju Masjid dengan hati yang juga bercahaya.

Dahulu lampu-lampu dalam semarak tumbilotohe Gorontalo, hanya menggunakan bahan bakar minyak tanah dan adapula dengan menggunakan minyak kelapa. Seiring berjalannya waktu sehingga manusia makin mempercanggih apa yang telah menjadi karya Thomas Alfa Edison, kini lampu-lampu tumbilotohe sudah berwarna warni dengan menggunakan listrik, ditambah banyak sudah sentuhan dari etnis China mualaf dengan lampion yang semakin membuat Gorontalo seperti Hongkong untuk 3 malam.

Tumbolotohe yang merupakan tradisi turun temurun, sudah beberapa periode dijadikan ajang lomba oleh pemerintah setempat. Orang-orang Gorontalo yang tersebar hampir di seluruh Indonesia dan termasuk yang tengah berada di luar negeri, akan selalu mengingat semarak tumbilotohe ini dan terasa rindu pada suasananya, keramaian penuh silaturahim dari senyum dan tawa jelang hari kemenangan, seraya berdoa semoga Ramadhan yang akan datang masih ada waktu untuk menggelar sajadah di Masjid, sholat jamaah, dzikir dan berdoa dalam nikmat puasa. (mdb)

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Betapa indahnya Alam dan segala isinya yang penuh daya guna... foto adalah perwakilan dari sejarah, dari masa ke masa...

Followers